Langsung ke konten utama

SOAL BAHASA INDONESIA KELAS 6 SD LAPORAN HASIL PENGAMATAN

SOAL BAHASA INDONESIA KELAS 6 SD LAPORAN HASIL PENGAMATAN

I. Bacalah laporan hasil pengamatan di bawah ini, kemudian jawablah pertanyaan yang tersedia!




Laporan Hasil Pengamatan

Objek pengamatan       :     Pohon jati, mahoni, dan kaktus
Lokasi                           :     Rumah Eka dan halaman dekat rumah Eka
Tujuan pengamatan      :     Mengamati cara tumbuhan beradaptasi dengan lingkungannya
Waktu pengamatan       :     Minggu, 17 Mei 2018
Nama pengamat           :     Made dan Eka

Adaptasi Tumbuhan Berdasarkan Tempat Hidupnya
            Setiap makhluk hidup tentunya memerlukan adaptasi jika mereka berada di suatu lingkungan yang baru. Tak terkecuali pada tumbuhan. Mereka pun mempunyai cara agar dapat beradaptasi dengan lingkungan tempat hidupnya. Contoh tumbuh-tumbuhan tersebut di antaranya pohon jati, mahoni, dan kaktus.
            Beberapa tumbuhan mempunyai cara tersendiri dalam mengurangi penguapan. Ada yang menggugurkan daunnya pada musim kemarau, misalnya pohon jati dan pohon mahoni. Sementara itu, kaktus menyesuaikan diri dengan lingkungannya melalui dua cara. Pertama, mengubah bentuk daunnya menjadi duri. Kedua, batangnya berdaging dan berkulit tebal. Batang yang seperti ini berfungsi untuk menyimpan air. Dengan demikian, kaktus dapat mengurangi penguapan dan tidak kekeringan. Pada saat musim hujan, kaktus menyerap air sebanyak-banyaknya. Air tersebut disimpan di dalam batang. Cadangan air ini digunakan ketika musim kering tiba. 

1.   Siapakah yang melakukan pengamatan?

      
2.   Dimanakah pengamatan tersebut dilakukan?
      
3.   Kapan pengamatan tersebut dilakukan?
      
4.   Apakah objek yang diamati dalam pengamatan tersebut?
      
5.   Tuliskan sebuah kesimpulan berdasarkan hasil pengamatan di atas!


II. Berilah tanda silang (X) di salah satu huruf a, b, c atau d sebagai jawaban yang benar!

Bacalah hasil laporan pengamatan berikut untuk menjawab soal 1-5!
Laporan Hasil Pengamatan
(a)        : Pengamatan Hewan di Taman Safari
(b)        : Taman Safari Indonesia, Cisarua, Bogor, Jawa Barat
(c)        : Sabtu, 7 April 2018
(d)        : Hewan di Taman Safari Indonesia
Hasil pengamatan :
            Taman Safari Indonesia merupakan tempat pemeliharaan sekaligus perlindungan bagi para hewan. Taman Safari Indonesia dibuat menyerupai hutan dan habitat asli hewan-hewan tersebut. Di Taman Safari Indonesia, para hewan dibiarkan bebas berkeliaran layaknya kehidupan mereka di habitat aslinya.
            Jumlah hewan di Taman Safari Indonesia kira-kira 2.500 ekor dan terbagi atas 271 spesies. Para pengunjung Taman Safari Indonesia dapat melihat aktivitas hewan-hewan tersebut secara langsung. Namun, pengunjung harus menggunakan kendaraan seperti mobil atau bus. Dari balik kaca kendaraan tersebut, barulah pengunjung dapat melihat bagaimana perilaku para hewan seperti di habitat aslinya.

1.   Bagian teks laporan hasil pengamatan yang ditunjukkan oleh huruf (d) adalah . . .
      a.   nama kegiatan                                                               c.   waktu pengamatan
      b.   objek pengamatan                                                          d.   lokasi pengamatan

2.   Lokasi pengamatan di atas adalah . . .
      a.   Kebun Binatang di Bogor                                                c.   Habitat asli hewan di Cisarua
      b.   Hutan di Cisarua, Jawa Barat                                         d.   Taman Safari Indonesia di Cisarua

3.   Informasi penting yang terdapat pada paragraf pertama teks laporan hasil pengamatan tersebut adalah . . .
      a.   Jumlah hewan di Taman Safari Indonesia, yaitu 2.500 ekor.
      b.   Taman Safari Indonesia adalah nama hutan tempat tinggal para hewan.
      c.   Hewan di Taman Safari Indonesia dibiarkan berkeliaran dalam kandang.
      d.   Taman Safari Indonesia adalah tempat pemeliharaan dan perlindungan hewan.

4.   Topik dari teks laporan hasil pengamatan tersebut, yaitu . . .
      a.   Perjalanan menuju Taman Safari                                     c.   Jumlah hewan langka di Taman Safari
      b.   Kehidupan hewan di Taman Safari                                  d.   Cara pemeliharaan hewan di Taman Safari

5.   Kesimpulan dari teks laporan hasil pengamatan tersebut adalah . . .
      a.   Hewan-hewan di Taman Safari Indonesia terdiri atas 271 spesies.
      b.   Pengamatan hewan di Taman Safari dilakukan pada hari Sabtu dari dalam kendaraan.
      c.   Taman Safari Indonesia yang berada di Cisarua, Bogor merupakan habitat asli hewan-hewan langka Indonesia.
      d.   Hewan di Taman Safari dibiarkan hidup bebas seperti di habitat aslinya sehingga untuk melihatnya harus menggunakan kendaraan.

Bacalah teks berikut untuk menjawab soal nomor 6 dan 7!

Makanan Olahan dari Singkong
            Singkong merupakan salah satu makanan pokok di Indonesia. Singkong banyak digemari masyarakat karena beberapa faktor, diantaranya harganya yang terjangkau dan mudah ditemukan. Hampir di setiap wilayah Indonesia ditemukan tanaman singkong.
            Selain dijadikan sebagai makanan pokok, di beberapa daerah di Indonesia singkong diolah menjadi kue dan makanan tradisional daerah tersebut. Misalnya di daerah Jawa Timur dan Jawa Tengah terdapat kue tradisional yang berbahan dari singkong. Kue tersebut dikenal dengan nama getuk.

6.   Paragraf pada teks di atas berjumlah . . .
      a.   1                      b.   2                            c.   3                                  d.  4

7.   Kalimat utama pada paragraf pertama teks di atas adalah . . .
      a.   Singkong merupakan salah satu makanan pokok di Indonesia
      b.   Singkong banyak digemari oleh masyarakat
      c.   Harga singkong terjangkau
      d.   Hampir di setiap wilayah di Indonesia ditemukan tanaman singkong

8.            Siapapun pasti menyukai minuman manis. Kita selalu ingin meminumnya. Tanpa kita sadari, kita telah mengonsumsi minuman manis setiap hari. Meskipun rasanya enak, tapi, hal itu tidak baik bagi tubuh. Untuk mengatasi keinginan itu, kita bisa menggantinya dengan buah-buahan yang mengandung banyak air, seperti semangka atau melon. 
      Simpulan paragraf di atas adalah . . .
      a.   Siapapun pasti menyukai minuman manis
      b.   Minuman manis tidak baik bagi tubuh
      c.   Minuman manis dapat diganti dengan mengonsumsi buah-buahan yang mengandung banyak air
      d.   Semangka dan melon adalah buah yang mengandung banyak air

9.            Setiap hewan memiliki cara perkembangbiakannya sediri. Semua itu merupakan karunia dari Tuhan Yang Maha Esa. Sebagai manusia kita harus bisa menjaga dan melestarikan keberadaan makhluk hidup, karena makhluk hidup banyak berjasa pada kehidupan kita. Mulai dari membajak sawah dengan kerbau, dan nutrisi gizi yang kita peroleh juga berasal dari hewan.
      Kesimpulan dari bacaan di atas adalah . . .
      a.   Hewan berkembangbiak dengan banyak cara
      b.   Hewan banyak membantu manusia
      c.   Kita harus melestarikan keberadaan hewan
      d.   Hewan membantu kita untuk membajak sawah

10.           Kebersamaan masyarakat di Desa Maju Jaya memang tidak bisa diragukan lagi. Setiap hari minggu warga desa selalu melaksanakan kerja bakti membersihkan lingkungan desa. Tidak hanya diikuti oleh warga desa saja, akan tetapi seluruh siswa yang bersekolah di lingkungan Desa Maju Jaya turut ambil bagian. Bahkan setiap akan melaksanakan kegiatan besar lainnya, seluruh pengurus desa melaksanakan rapat bersama, agar kegiatan tersebut bisa berjalan dengan lancar.
      Kesimpulan yang tepat untuk bacaan tersebut adalah . . .
      a.   Warga Desa Maju Jaya melaksanakan nilai Pancasila dengan baik
      b.   Tidak terjadi keributan antara warga desa yang tinggal di Maju Jaya
      c.   Kerjasama warga desa sangat baik di lingkungan desa
      d.   Pengurus desa melaksanakan musyawarah dalam merenanakan kegiatan

11.          Lalu lintas sangat padat, terutama pada pukul 06.00–07.00. Pada saat itu jalan dipadati anak-anak sekolah dan pekerja. Setelah pukul 08.00 jalan mulai tampak sepi. Kendaraan yang melintas pada umumnya adalah kendaraan umum dan beberapa sepeda motor. Pada pukul 13.00–14.00 lalu lintas kembali padat. Waktu itu saatnya pelajar dan beberapa pekerja pulang. Namun kepadatan itu tidak sampai menimbulkan kemacetan.
      Laporan pengamatan di atas dilakukan di . . .
      a.   jalan raya                                                                      c.   jalan tol
      b.   jalan setapak                                                                 d.   jalan perumahan

12.  Pada saat melakukan pengamatan/kunjungan, kita diperbolehkan untuk . . .
      a.   bertanya                                                                        c.   mengganggu
      b.   acuh tak acuh                                                                d.   tak peduli

13.           Maya dan Rina mengamati proses metamorfosis kupu-kupu di Taman Bunga Mekarsari. Mereka melihat kupu-kupu di Taman Bunga Mekarsari. Mereka melihat proses kupu-kupu menjadi kepompong.

      Berdasarkan kutipan di atas, yang bertindak sebagai pengamat adalah . . .
      a.   Maya                                                                                  c.   Maya dan Rina
      b.   Rina                                                                                   d.   Taman Bunga Mekarsari

14.  Penulisan waktu pengamatan yang tepat dalam sebuah laporan pengamatan adalah . . .
      a.   rabu, 12 oktober 2018                                                     c.   Rabu, 12 oktober 2018
      b.   rabu, 12 Oktober 2018                                                    d.   Rabu, 12 Oktober 2018

15.  Temuan-temuan selama pengamatan ditulis dalam laporan pengamatan pada bagian . . .
      a.   tujuan                                                                           c.   tempat pengamatan
      b.   hasil pengamatan                                                           d.   waktu pengamatan

16.  Manakah penulisan hasil pengamatan yang benar pada laporan dibawah ini . . .
      a.   Keramaian pedagang di Pasar Satria membludak di pagi hari.
      b.   Saat ini air yang mengalir di tukad unda sudah mulai mengecil.
      c.   sampah plastik berserakan di belakang sekolah sd negeri 3 sukamaju.
      d.   hasil panen buah rambutan banyak di jual di pasar senggol.

17.  Hasil pengamatan :
      Warna air kecoklatan, banyak sampah plastik yang melayang di air, dan aroma sungai juga sangat bau.
      Berdasarkan hasil pengamatan tersebut, apakah tempat pengamatan yang diamati?
      a.   sumur                                                                           c.   sungai
      b.   hutan                                                                            d.   kolam

Bacalah cerita berikut untuk menjawab soal nomor 18–20!
     Rani mendapat tugas dari gurunya untuk melakukan pengamatan terhadap kehidupan makhluk hidup yang ada di lingkungan sekitar rumahnya. Kebetulan, di dekat rumah Rani terdapat kandang sapi milik Pak RT. Rani pun memutuskan untuk mengamati kehidupan sapi di peternakan tersebut. Rani menemui Pak RT di peternakannya yang bernama “White Farm” untuk bertanya-tanya pada hari Minggu, 4 Februari 2018.

18.  Yang bertindak sebagai pengamat dalam paragraf di atas adalah . . .
      a.   Pak RT                                                                         c.   Guru
      b.   Tetangga Rani                                                               d.   Rani

19.  Lokasi pengamatan yang dilakukan oleh pengamat dalam cerita di atas adalah . . .
      a.   rumah Rani                                                                   c.   sekolah
      b.   kebu Pak RT                                                                 d.   peternakan Pak RT

20.  Objek dalam pengamatan tersebut adalah . . .
      a.   sapi                                                                              c.   White Farm
      b.   kandang sapi                                                                 d.   rumah Pak RT

Komentar

Posting Komentar