SOAL BAHASA INDONESIA KELAS 6 SD LAPORAN HASIL PENGAMATAN
I. Bacalah laporan hasil pengamatan di bawah ini, kemudian jawablah pertanyaan yang tersedia!
I. Bacalah laporan hasil pengamatan di bawah ini, kemudian jawablah pertanyaan yang tersedia!
Laporan Hasil
Pengamatan
Objek pengamatan : Pohon
jati, mahoni, dan kaktus
Lokasi : Rumah Eka dan halaman dekat rumah Eka
Tujuan pengamatan : Mengamati
cara tumbuhan beradaptasi dengan lingkungannya
Waktu pengamatan : Minggu,
17 Mei 2018
Nama pengamat : Made dan Eka
Adaptasi Tumbuhan Berdasarkan
Tempat Hidupnya
Setiap makhluk hidup tentunya
memerlukan adaptasi jika mereka berada di suatu lingkungan yang baru. Tak
terkecuali pada tumbuhan. Mereka pun mempunyai cara agar dapat beradaptasi
dengan lingkungan tempat hidupnya. Contoh tumbuh-tumbuhan tersebut di antaranya
pohon jati, mahoni, dan kaktus.
Beberapa tumbuhan mempunyai cara
tersendiri dalam mengurangi penguapan. Ada yang menggugurkan daunnya pada musim
kemarau, misalnya pohon jati dan pohon mahoni. Sementara itu, kaktus
menyesuaikan diri dengan lingkungannya melalui dua cara. Pertama, mengubah
bentuk daunnya menjadi duri. Kedua, batangnya berdaging dan berkulit tebal.
Batang yang seperti ini berfungsi untuk menyimpan air. Dengan demikian, kaktus
dapat mengurangi penguapan dan tidak kekeringan. Pada saat musim hujan, kaktus
menyerap air sebanyak-banyaknya. Air tersebut disimpan di dalam batang.
Cadangan air ini digunakan ketika musim kering tiba.
1. Siapakah yang melakukan pengamatan?
2. Dimanakah pengamatan tersebut dilakukan?
3. Kapan pengamatan tersebut dilakukan?
4. Apakah objek yang diamati dalam pengamatan
tersebut?
5. Tuliskan sebuah kesimpulan berdasarkan hasil
pengamatan di atas!
II. Berilah tanda silang (X) di salah satu huruf a, b, c atau d sebagai
jawaban yang benar!
Bacalah hasil laporan pengamatan berikut untuk
menjawab soal 1-5!
Laporan
Hasil Pengamatan
(a) :
Pengamatan Hewan di Taman Safari
(b) :
Taman Safari Indonesia, Cisarua, Bogor, Jawa Barat
(c) :
Sabtu, 7 April 2018
(d) :
Hewan di Taman Safari Indonesia
Hasil pengamatan :
Taman
Safari Indonesia merupakan tempat pemeliharaan sekaligus perlindungan bagi para
hewan. Taman Safari Indonesia dibuat menyerupai hutan dan habitat asli
hewan-hewan tersebut. Di Taman Safari Indonesia, para hewan dibiarkan bebas
berkeliaran layaknya kehidupan mereka di habitat aslinya.
Jumlah hewan di Taman Safari
Indonesia kira-kira 2.500 ekor dan terbagi atas 271 spesies. Para pengunjung
Taman Safari Indonesia dapat melihat aktivitas hewan-hewan tersebut secara
langsung. Namun, pengunjung harus menggunakan kendaraan seperti mobil atau bus.
Dari balik kaca kendaraan tersebut, barulah pengunjung dapat melihat bagaimana
perilaku para hewan seperti di habitat aslinya.
1. Bagian teks laporan hasil pengamatan yang
ditunjukkan oleh huruf (d) adalah . . .
a. nama
kegiatan c. waktu pengamatan
b. objek
pengamatan d. lokasi pengamatan
2. Lokasi pengamatan di atas adalah . . .
a. Kebun
Binatang di Bogor c. Habitat asli hewan di Cisarua
b. Hutan
di Cisarua, Jawa Barat d. Taman Safari Indonesia di Cisarua
3. Informasi penting yang terdapat pada paragraf
pertama teks laporan hasil pengamatan tersebut adalah . . .
a. Jumlah
hewan di Taman Safari Indonesia, yaitu 2.500 ekor.
b. Taman
Safari Indonesia adalah nama hutan tempat tinggal para hewan.
c. Hewan
di Taman Safari Indonesia dibiarkan berkeliaran dalam kandang.
d. Taman
Safari Indonesia adalah tempat pemeliharaan dan perlindungan hewan.
4. Topik dari teks laporan hasil pengamatan
tersebut, yaitu . . .
a. Perjalanan
menuju Taman Safari c. Jumlah hewan langka di Taman Safari
b. Kehidupan
hewan di Taman Safari d. Cara pemeliharaan hewan di Taman Safari
5. Kesimpulan dari teks laporan hasil pengamatan
tersebut adalah . . .
a. Hewan-hewan
di Taman Safari Indonesia terdiri atas 271 spesies.
b. Pengamatan
hewan di Taman Safari dilakukan pada hari Sabtu dari dalam kendaraan.
c. Taman Safari Indonesia yang berada di
Cisarua, Bogor merupakan habitat asli hewan-hewan langka Indonesia.
d. Hewan di Taman Safari dibiarkan hidup bebas
seperti di habitat aslinya sehingga untuk melihatnya harus menggunakan
kendaraan.
Bacalah teks berikut untuk menjawab soal nomor 6
dan 7!
Makanan
Olahan dari Singkong
Singkong merupakan salah satu makanan
pokok di Indonesia. Singkong banyak digemari masyarakat karena beberapa faktor,
diantaranya harganya yang terjangkau dan mudah ditemukan. Hampir di setiap
wilayah Indonesia ditemukan tanaman singkong.
Selain dijadikan sebagai makanan pokok, di
beberapa daerah di Indonesia singkong diolah menjadi kue dan makanan
tradisional daerah tersebut. Misalnya di daerah Jawa Timur dan Jawa Tengah
terdapat kue tradisional yang berbahan dari singkong. Kue tersebut dikenal
dengan nama getuk.
6. Paragraf pada teks di atas berjumlah . . .
a. 1 b. 2 c. 3 d. 4
7. Kalimat utama pada paragraf pertama teks di
atas adalah . . .
a. Singkong
merupakan salah satu makanan pokok di Indonesia
b. Singkong
banyak digemari oleh masyarakat
c. Harga
singkong terjangkau
d. Hampir
di setiap wilayah di Indonesia ditemukan tanaman singkong
8. Siapapun pasti menyukai minuman
manis. Kita selalu ingin meminumnya. Tanpa kita sadari, kita telah mengonsumsi
minuman manis setiap hari. Meskipun rasanya enak, tapi, hal itu tidak baik bagi
tubuh. Untuk mengatasi keinginan itu, kita bisa menggantinya dengan buah-buahan
yang mengandung banyak air, seperti semangka atau melon.
Simpulan paragraf di atas adalah . . .
a. Siapapun
pasti menyukai minuman manis
b. Minuman
manis tidak baik bagi tubuh
c. Minuman
manis dapat diganti dengan mengonsumsi buah-buahan yang mengandung banyak air
d. Semangka
dan melon adalah buah yang mengandung banyak air
9. Setiap hewan memiliki cara
perkembangbiakannya sediri. Semua itu merupakan karunia dari Tuhan Yang Maha
Esa. Sebagai manusia kita harus bisa menjaga dan melestarikan keberadaan
makhluk hidup, karena makhluk hidup banyak berjasa pada kehidupan kita. Mulai
dari membajak sawah dengan kerbau, dan nutrisi gizi yang kita peroleh juga
berasal dari hewan.
Kesimpulan dari bacaan di atas adalah . .
.
a. Hewan
berkembangbiak dengan banyak cara
b. Hewan
banyak membantu manusia
c. Kita
harus melestarikan keberadaan hewan
d. Hewan
membantu kita untuk membajak sawah
10. Kebersamaan masyarakat di Desa Maju
Jaya memang tidak bisa diragukan lagi. Setiap hari minggu warga desa selalu
melaksanakan kerja bakti membersihkan lingkungan desa. Tidak hanya diikuti oleh
warga desa saja, akan tetapi seluruh siswa yang bersekolah di lingkungan Desa
Maju Jaya turut ambil bagian. Bahkan setiap akan melaksanakan kegiatan besar
lainnya, seluruh pengurus desa melaksanakan rapat bersama, agar kegiatan
tersebut bisa berjalan dengan lancar.
Kesimpulan yang tepat untuk bacaan
tersebut adalah . . .
a. Warga
Desa Maju Jaya melaksanakan nilai Pancasila dengan baik
b. Tidak
terjadi keributan antara warga desa yang tinggal di Maju Jaya
c. Kerjasama
warga desa sangat baik di lingkungan desa
d. Pengurus
desa melaksanakan musyawarah dalam merenanakan kegiatan
11. Lalu
lintas sangat padat, terutama pada pukul 06.00–07.00. Pada saat itu jalan
dipadati anak-anak sekolah dan pekerja. Setelah pukul 08.00 jalan mulai tampak
sepi. Kendaraan yang melintas pada umumnya adalah kendaraan umum dan beberapa
sepeda motor. Pada pukul 13.00–14.00 lalu lintas kembali padat. Waktu itu
saatnya pelajar dan beberapa pekerja pulang. Namun kepadatan itu tidak sampai
menimbulkan kemacetan.
Laporan pengamatan di atas dilakukan di .
. .
a. jalan
raya c. jalan tol
b. jalan
setapak d. jalan perumahan
12. Pada saat melakukan pengamatan/kunjungan, kita
diperbolehkan untuk . . .
a. bertanya c. mengganggu
b. acuh
tak acuh d. tak peduli
13. Maya
dan Rina mengamati proses metamorfosis kupu-kupu di Taman Bunga Mekarsari.
Mereka melihat kupu-kupu di Taman Bunga Mekarsari. Mereka melihat proses
kupu-kupu menjadi kepompong.
Berdasarkan kutipan di atas, yang
bertindak sebagai pengamat adalah . . .
a. Maya c. Maya dan Rina
b. Rina d. Taman Bunga Mekarsari
14. Penulisan
waktu pengamatan yang tepat dalam sebuah laporan pengamatan adalah . . .
a. rabu, 12 oktober 2018 c. Rabu, 12 oktober 2018
b. rabu, 12 Oktober 2018 d. Rabu, 12 Oktober 2018
15. Temuan-temuan
selama pengamatan ditulis dalam laporan pengamatan pada bagian . . .
a. tujuan c. tempat pengamatan
b. hasil pengamatan d. waktu pengamatan
16. Manakah
penulisan hasil pengamatan yang benar pada laporan dibawah ini . . .
a. Keramaian pedagang di Pasar Satria membludak
di pagi hari.
b. Saat ini air yang mengalir di tukad unda sudah mulai
mengecil.
c. sampah plastik berserakan di belakang sekolah
sd negeri 3 sukamaju.
d. hasil panen buah rambutan banyak di jual di
pasar senggol.
17. Hasil pengamatan :
Warna air
kecoklatan, banyak sampah plastik yang melayang di air, dan aroma sungai juga
sangat bau.
Berdasarkan hasil
pengamatan tersebut, apakah tempat pengamatan yang diamati?
a. sumur c. sungai
b. hutan d. kolam
Bacalah cerita berikut untuk menjawab soal nomor
18–20!
Rani mendapat tugas dari gurunya untuk melakukan
pengamatan terhadap kehidupan makhluk hidup yang ada di lingkungan sekitar
rumahnya. Kebetulan, di dekat rumah Rani terdapat kandang sapi milik Pak RT.
Rani pun memutuskan untuk mengamati kehidupan sapi di peternakan tersebut. Rani
menemui Pak RT di peternakannya yang bernama “White Farm” untuk bertanya-tanya pada hari Minggu, 4 Februari 2018.
18. Yang bertindak sebagai pengamat dalam paragraf
di atas adalah . . .
a. Pak
RT c. Guru
b. Tetangga
Rani d. Rani
19. Lokasi pengamatan yang dilakukan oleh pengamat
dalam cerita di atas adalah . . .
a. rumah
Rani c. sekolah
b. kebu
Pak RT d. peternakan Pak RT
20. Objek dalam pengamatan tersebut adalah . . .
a. sapi c. White
Farm
b. kandang
sapi d. rumah Pak RT
Tolong bantu saya
BalasHapusMaksud nya
HapusAku uda selesai yang ini
HapusHai
HapusHii
HapusHai
HapusAku juga
HapusHii
BalasHapusHai
Hapusada yg tau kunci jawabanny ?
BalasHapusAku kurang tau :(
HapusMAna jawabannya
BalasHapusSaya juga gatau ๐
HapusMana ya jawaban nya๐๐ป
BalasHapusTidak ada
HapusWait๐
BalasHapusSemoga benar semua
BalasHapusP
BalasHapusY
Hapushalo semuanya
BalasHapus